Weblog Kumpulan Tugas, Kumpulan Makalah, Tutorial Blogger, Info SEO, Tips & Trick.

Tips Cara Berkomentar yang Baik

Tips Cara Berkomentar yang Baik

Cara berkomentar yang baik

Kali ini saya akan membahas tentang cara berkomentar yang baik dan benar. Hal ini dilakukan agar ketika kita berkomentar mendapatkan respon yang baik dari pemilik artikel atau postingan.

Berkomentar menjadi kegiatan utama blogwalking apalagi dengan berkomentar kita bisa juga mendapatkan link Back yang sangat berfungsi untuk menaikan trafik dan pengunjung kita, tapi banyak sekali blogger-blogger yang belum tau bagaimana cara berkomentar yang baik dan hal-hal apa saja yang harus di hindari dalam berkomentar. Hal ini tidak dapat dibiarkan karena memang ini bukan suatu perbuatan yang baik dan harus di jauhi. Selain karena membuat blog yang di kunjungi menjadi tidak indah karena komentar-komentar yang tidak berbobot tapi ini juga berdampak negative terhadap si komentator sendiri, karena bisa jadi blognya akan di anggap spam. jadi jangan sampai melupakan fungsi utama berkomentar yaitu sekedar ingin menanyakan atau ingin memberikan pesan kepada si pemilik artikel/blog. 

Dengan berkomentar yang baik, itu akan mempengaruhi citra dan kredibilitas kita sebagai pemilik blog dan blog yang kita komentari. Jika anda hanya memberi komentar yang simple dan tidak bermakna, seperti:
1. Pertamax..!!
2. Nice info..!!
3. Nice share..!!
4. Thanks gan..!!
5. Terima kasih infonya..!!
6. Sangat membantu..!!
6. Dll

Apakah itu yang dinamakan berkomentar? Opini saya, mereka biasanya bingung mau berkomentar apa? Itu mengindikasikan bahwa mereka hanya sekedar menulis aja tanpa tahu apa yang di bahas. Sebagai pengunjung dan komentator yang baik coba baca dulu apa yang di post sebelum berkomentar. Dengan itu kita bisa tahu materi apa yang dibahas sehingga kita bisa memberikan komentar yang tepat dan relevan sesuai dengan postingan yang ditulis.

Terus... bagaimana cara berkomentar yang baik di blog orang lain? Berikut tipsnya:

1. Jangan Berkomentar yang Menyinggung SARA dan Mengandung P*rn*graphy
Hal ini tentu sangat dilarang dan dibenci oleh semua pihak, tidak ada yang membenarkan sedikitpun tentang penyinggungan SARA dan P*rn*graphy.

2. Jangan Menggunakkan Fitur Komentar Untuk Berpromosi
Kalo ini sudah pasti tidak sesuai dengan postingan, malah bertujuan buat mempromosikan produknya. Hal seperti ini yang harus dihindari karena sudah mendapatkan warning dari Search Engine terutama Google.

3. Jangan Terlalu Banyak Meninggalkan Komentar Dengan Nama/anchor Text (link)
Jika kita terlalu banyak mempromosikan nama/link di dalam sebuah komentar, bisa jadi link tersebut menjadi spam dan nama tersebut menjadi tidak disukai. Jika sobat ingin mempromosikan link sebaiknya menggunakan layanan Social Bookmark saja.

4. Jangan Beri Nama Komentar yang Terlalu Panjang dan Bersifat Spam
Nama komentar yang mengandung link memang sangat bermanfaat untuk membuat linking, akan tetapi jika terlalu panjang malah bersifat spam. Biasanya yang panjang-panjang gini di gunakan buat deep link/halaman yang bukan halaman utama. Asal sobat tau, kalo deep link itu tidak akan berefek besar loh!

5. Jangan Menggunakan Caps Lock atau Capitalization Saat Berkomentar
Membuat komentar dengan huruf besar semua akan membuat pembaca menjadi tidak mood. Asal tau aja ya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa penulisan dengan menggunakan CAPITALIZATION tidak pada tempatnya akan membuat hati dan perasaan si pembaca menjadi tidak enak!

6. Jangan Menggunakan Penekanan Dengan Huruf Tebal dan Huruf Miring
Biasanya penekanan dengan Bold dan Italic digunakan untuk mengoptimalisasi anchor text. Nah hal ini akan memperjelas bahwa komentar sangat tidak sesuai dengan postingan.

7. Jangan Membuat Isi Komentar yang di Ulang-ulang
Salah satu ciri-ciri spammer adalah membuat komentar yang sama berulang-ulang. Pastinyalah orang males harus bikin komentar-komentar berbeda terus buat nyepam. Ini hal yang pasti akan di anggap spam.

8. Jangan Membuat Isi Komentar yang Tidak Berkaitan Dengan postingan
Komentar yang baik tentunya harus selaras/relevan dengan postingan yang di komentari. Komentar yang baik dapat membuat hubungan yang baik dengan pembuat postingan, yang tentunya akan berefek lebih baik daripada meninggalkan spam.

9. Berkomentar Sesuai Isi Postingan
Kebanyakan orang yang berkomentar, mereka hanya ingin cepat berkomentar tanpa membaca isi postingan terlebih dahulu, hal ini akan mengakibatkan komentarnya tidak sesuai dengan isi postingan. Berkomentar dengan terburu-buru seperti ini bisa membuat anda salah berkomentar. Misalkan saja komentar anda tak sesuai, berlawanan, atau terlihat lucu dibandingkan isi posting. Anda akan terlihat “bodoh” di mata pengunjung lainnya.

10. Hindari Berkomentar Bersifat Negatif
Mungkin ketika membaca sebuah posting, anda tak setuju dengan isinya. Tentu saja anda boleh menyampaikan pendapat anda. Tapi ingat sampaikan secara elegan. Tidak dengan berkomentar yang negatif, hal ini akan dapat merusak citra anda sendiri. Kalaupun anda tak setuju terhadap isi sebuah posting, anda bisa sampaikan secara baik. Beri komentar secara santun dan yang sifatnya membangun akan membuat anda mendapat respek dari pengunjung lainnya.

11. Berkomentar Satu Tema Dengan Blog
Berkomentar di satu tema dengan blog kita akan berpeluang mendapat traffic pengunjung yang lebih besar. Misalkan blog ini yang bertema science, tutorial dan tips ngeblog, maka anda harus berkomentar sesuai dengan tema blog sobat.

12. Berkomentar Pendek, Tapi Bermakna
Meskipun anda berkomentar pendek, tapi bermakna. Tentu pengunjung lain akan terkesan dengan tulisan anda yang walaupun pendek tetapi mempunyai arti yang lebih. Tapi perlu diingat, anda juga harus mengutamakan point pada nomer 9.

13. Komentarnya Tak Memberi Nilai Tambah
Maksudnya, komentarnya tak memberikan nilai tambah terhadap isi posting. Padahal kalau mau kita sadari, salah satu cara membentuk brand blog adalah lewat komentar. Dengan memberikan komentar yang berkualitas, yang bisa memberikan nilai tambah terhadap isi posting, akan membantu membangun kredibilitas anda.

14. Jangan Sembunyikan Identitas Diri
Ini wajib, Maksudnya dalam berkomentar gunakanlah selalu akun blogger anda atau Name/URL yang sudah disediakan. Pada saat itu pula, pengunjung atau admin yang mengklik nama pengomentar, mereka akan tahu identitas diri anda. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan backlink dan bisa mempererat tali silaturahmi antar blogger.

15. Merespon Balasan Author/Admin
Ini yang jarang sekali diperhatikan oleh para komentator, karena setelah berkomentar biasanya para komentator sudah tidak peduli lagi dengan komentarnya, baik itu dibalas ataupun tidak oleh Admin. Padahal biasanya Admin dalam membalas komentar pengunjungnya itu biasa memberikan tips ataupun bertanya... Seharusnya setelah berkomentar kita wajib melihat balasan dari Admin untuk menghormati balasan komentarnya tersebut.

Nah, bagaimana sobat? Sudahkah Anda menjadi komentator yang baik? Itulah tata cara berkomentar yang baik menurut saya. Apabila kalian ingin menambahkan silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat ya..!!!

Tolong bantu saya klik Tombol Vote ini...


Unknown | | 11 komentar

11 komentar

ok bro, artikel yang bermanfaat, semoga bisa menjadi perhatian para komentator. Ijin Share ya ke FB. Salam.

Balas

Silahkan gan...!!! senang bisa berbagi...

Balas

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh para blogger ya ini :)

Balas

selamat Pagi Sobat, Insya Allah ke 15 Point di atas secara perlahan lahan akan saya terapkan. kalau point yang ke 15 itu sepertinya yang jarang saya lakukan Sob, setelah membaca postingan di atas saya akan berusaha membalas komentar Admin...

Balas

Benar sekali sob... ke 15 point diatas sangat penting untuk kita ketahui, apalagi point ke 15, itu yang jarang sekali atau bahkan tidak pernah dilakukan oleh para komentator... Mudah-mudahan dengan postingan yang saya buat ini bisa membuat para komentator tahu tatacara berkomentar yang baik dan benar.... Salam sukses. :)

Balas

artikel yang bagus mas
jangan lupa visit yyulio.blogspot.com

Balas

Saya setuju 100% dengan tips tips cara berkomentar yang baik pada artikel ini, mari kita budayakan beretika dalam berinternet dengan baik dan benar, mudah-mudahan tips ini juga dibaca oleh blogger-blogger yang lain untuk mempererat tali silaturahmi blogger, thanks buat informasinya :)

Balas

Yahh... mudah-mudahan saja para blogger membacanya dan mengerti tentang etika berkomentar ini.

Balas

Mantap sekali Bang, thanks ya infonya :)

Balas

udah kebiasaan itu maaahh... abis biasanya yang kayak gitukan orang yang baru mengenal... atau mungkin blognya sepi :)... Bagus banget artikelnya. :)

Balas

Spammer di blog ane harusnya liat postingan ini nih....

Biar melek

Balas

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.

Previous Posts Next Posts Homepage